page contents

Selasa, 27 Mei 2014

Ketahui Kulit Asia anda sebelum membeli kosmetik Import

Cantik Selalu, Anda penggemar produk-produk kecantikan impor? Anda ingin mencoba kosmetik populer keluaran produsen kosmetik asal Amerika atau Jerman? Sebelum itu Anda mungkin perlu mengenal kulit Anda terlebih dahulu. Orang-orang Asia seperti kita memiliki jenis kulit yang relatif berbeda dengan orang Eropa, Afrika, atau Amerika. Jadi produk kecantikan yang disukai konsumen di sana belum tentu cocok pula dengan kulit Anda.

Ingin tahu deretan fakta tentang kulit Asia? Berikut ini kami paparkan untuk Anda seperti dikutip dari Viva Woman.

1. Cenderung sensitif
Kulit Asia cenderung lebih mudah terkena iritasi. Stratum korneum (lapisan kulit paling luar) pada tipe kulit Asia termasuk tipis jika dibandingkan dengan kulit dari kelompok etnis lainnya, karena itu cenderung sensitif terhadap bahan kimia atau polusi.

Karena itu Anda harus berhati-hati dalam memilih produk kecantikan maupun perawatan. Produk yang populer di negara-negara Eropa dan Amerika misalnya, belum tentu cocok untuk jenis kulit Anda.

2. Bekas luka sulit hilang
Karena stratum korneum yang tipis tadi, kulit Asia juga mudah mengalami bekas luka yang sulit hilang. Bekas luka gores, jerawat, dan iritasi cenderung sulit disamarkan. Karena itulah Anda sangat tidak disarankan memencet jerawat. Selain menggunakan krim atau mengoleskan vitamin agar bekas jerawat hilang, sebaiknya konsumsi perawatan dengan mengonsumsi vitamin C dan vitamin E, sehingga penyembuhan bekas jerawat bisa lebih maksimal.

3. Tahan sinar UV tetapi mudah mengalami pigmentasi
Melanin adalah pigmen alami pada kulit yang melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar ultra violet. Kulit Asia memproduksi lebih banyak melanin daripada etnis Kaukasia, karena itu lebih tahan terhadap sinar ultra violet. Tetapi peningkatan produksi melanin ini juga membuat warna kulit jadi lebih gelap. Karena itulah kulit Asia lebih mudah menjadi gelap. Pastikan Anda selalu memakai tabir surya yang mampu menangkis sinar UV A dan UV B agar kulit tidak mengalami pigmentasi.

4. Mudah kering
Sebuah studi yang dilakukan oleh Berardesca dan Maibach pada tahun 2002 menemukan bukti bahwa kulit Asia lebih mudah kehilangan kelembapan daripada tipe kulit dari kelompok etnis lainnya. Kulit kita mempunyai kemampuan yang paling rendah dalam mengunci kelembapan. Karena itu tidak ada salahnya kalau Anda sering mengoleskan lotion dan produk perawatan tubuh yang benar-benar dapat menghidrasi kulit.

5. Kulit wajah cenderung berminyak
Meskipun kulit Asia mudah kering, tetapi kulit wajah dan kulit kepala justru cenderung berminyak. Suhu di negara tropis seperti Indonesia membuat kelenjar minyak memproduksi lebih banyak minyak agar kulit tetap lembap. Karena itu kulit kepala dan kulit wajah kita jadi lebih cepat kotor dan mudah berjerawat atau timbul komedo. Untuk itu Anda perlu melakukan eksfoliasi dan mencuci rambut secara rutin.

6. Lebih awet muda
Bagian terbaik dari menjadi orang Asia adalah kita lebih awet muda dibandingkan dengan grup etnis lainnya. Meskipun stratum korneum kita lebih tipis, tetapi kulit Asia memiliki dermis yang lebih tebal dan mengandung banyak kolagen. Karena itulah kekencangan kulit kita terjaga lebih lama daripada orang Eropa atau Amerika.

Itulah enam hal yang perlu Anda ketahui tentang tipe kulit Asia Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar