page contents

Jumat, 30 Mei 2014

Cantik Selalu : Acroyoga Bukan Hanya untuk Wanita, Anak-anak dan Pria Pun Bisa Coba

Cantik Selalu : Acroyoga Bukan Hanya untuk Wanita, Anak-anak dan Pria Pun Bisa Coba


Acroyoga adalah salah satu jenis dari olahraga yoga dimana setiap gerakan yang dilakukan mengandung usur acrobatic dan yoga. India adalah negara asal yang memperkenalkan olahraga ini. Meski gerakan yang dilakukan terbilang cukup sulit, olahraga ini banyak digemari mulai dari anak-anak, pasangan suami istri bahkan lansia.
Di Jakarta, dua tahun belakangan ini Acroyoga menjadi olahraga yang tren dan bisa menjadi pilihan untuk Anda yang ingin memiliki gaya hidup sehat, serta melatih keberanian.

"Yang banyak melakukan acroyoga itu biasanya kisaran dari anak kecil juga sudah ada yang melakukan, tetapi gerakan yang mereka lakukan lebih ringan jadi tidak berbahaya dan membahayakan tentunya," ujar Fajar Putra sebagai instruktur dari PENYogaStar di kantornya di kawasan Mayestik, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Jumat (23/05/2014).

Untuk anak kecil biasanya gerakan acroyoga yang dilakukan lebih ringan yang sifatnya tidak membahayakan. Misalnya kaki yang hanya ditekuk setengah, sehingga tidak full benar-benar menekuk. Sedangkan untuk lansia, gerakan yang dilakukan lebih minimalis. "Untuk lansia, acroyoga masih bisa asalkan mereka ini olahraganya teratur dan masih fit," ucap Fajar.

Bukan hanya anak-anak dan lansia, pasangan suami istri pun bisa merasakan manfaat dari acroyoga. Selain memperkuat rasa percaya di antara pasangan, hubungan yang lebih harmonis menjadi manfaat yang dapat dirasakan pasangan.

Bagi para pria, acroyoga tak harus dilakukan bersama pasangan. Pria sendiri pun bisa mencoba olahraga ini. Fajar mengatakan sebenarnya yang lebih membutuhkan yoga adalah para pria. Pria cenderung memiliki tubuh yang kaku sehingga sangat mudah terkena cedera dan terserang beberapa penyakit tulang seperti pengapuran.

"Kadang ada juga orang yang gym lalu badannya besar dan kaku jadi dia tidak bisa tangan kiri dan kanannya bersentuhan dengan kondisi tangan disimpan di belakang tubuh, itu sebenarnya malah kurang baik dan semakin badannya kaku itu justru malah mudah cedera, karena itu pria sangat perlu untuk melakukan yoga," ujar Fajar yang sudah menjadi instruktur yoga lebih dari enam tahun ini.

Selain baik untuk bentuk tubuh, manfaat lain dari acroyoga untuk pria adalah membuat otak dan pikiran menjadi jauh lebih tenang. "Banyak pria yang sering stres karena pekerjaannya, dengan acroyoga Anda dapat lebih bisa membuat suasana lebih santai," kata pria yang menjadi pelatih yoga langganan selebriti seperti Luna Maya, Andien, Pevita Pearce dan Raisa itu.

Melatih diri lebih sabar dalam kehidupan juga menjadi manfaat yang dapat dirasakan pria yang melakukan acroyoga. Biasanya untuk beberapa pria yang mudah marah atau tergesa-gesa dalam bertindak, dia akan memiliki kepribadian yang lebih sabar dan pasrah terutama ketika menghadapi masalah yang terjadi setelah melakukan acroyoga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar